Kota Jayapura

Kota Jayapura

(Hen Ticahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased)

Satu Hati Membangun Kota Demi Kemuliaan Tuhan

 

Akhirnyaaa… perjalanan membawa saya kembali ke tanah kelahiran provinsi paling timur Indonesia, Papua.

Yups…Papua. Senang rasanya bisa menginjakan kaki ke sini. Setelah 4 tahun menimbah ilmu di Kota Malang. Sebagai ibukota Papua, Jayapura menyimpan banyak potensi wisata yang menarik, mulai dari kemolekan alam yang memu­kau mata hingga festival budaya yang meriah.Penasaran dengan Papua ini luas ini…? ini dia cerita singkatnya……!

Kota Jayapura adalah ibukota provinsi Papua. Kota ini terletak di Teluk Jayapura. Nama Kota Jayapura pada awalnya adalah Holandia dimana nama tersebut di berikan oleh Kapten Sachse pada tanggal 07 Maret 1910. Arti Holandia adalah Hol berarti lengkung atau teluk dan land berarti tanah atau tempat yang berteluk, sehingga Negeri Belanda atau Holland atau Nederland, geografinya menunjukkan keadaan berteluk-teluk. Geografi Kota Jayapura hampir sama dengan garis pantai utara negeri Belanda.

Gambar 1. Pemandangan dari Jayapura City dari pusat kota Jayapura, jaraknya hanya 10 menit dengan rute menanjak.

Luas Kota Jayapura adalah 940 Km2 atau 940.000 Ha, terdiri dari 5 distrik, terbagi habis menjadi 25 kelurahan dan 14 kampung. Sedangkan untuk letak astronomis, Kota Jayapura terletak pada 1°28”17,26”LS – 3°58’082”LS dan 137°34’10,6”BT – 141°0’8’22”BT.

Perbatasan Kota Jayapura:

” Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Jayapura
” Sebelah Timur berbatasan dengan Negara Papua Nugini
” Sebelah Utara berbatasan dengan Samudera Pasifik
” Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Jayapura

Gambar 2. Jayapura dari kejauhan pemancar TVRI bhayangkara dock 5

Gambar 3. Bangunan-bangunan kota jayapura

Taman Imbi begitulah orang local menyebutnya. Taman yang saat ini difungsikan sebagai tempat nongkrong warga kota jayapura. Letaknya tepat di pusat kota. Di taman ini terdapat patung Yos Sudarso yang dibangun untuk mengenang jasa beliau yang gugur ketika bertempur melawan Belanda di laut Arafuru pada tahun 1962.

Gambar 4. Taman Imbi

 

Gambar 5. Kawasan ruko dock 2

 

Gambar 6. Mall Jayapura pusat perbelanjaan terbesar di Jayapura. Mal ini didirikan pada tahun 2012. Mal ini terdiri dari 4 lantai

Gambar 7. Suasana Jalan Ahmad yani di pagi hari

 

Gambar 8. Suasana Jalan Percetakan di pagi hari

 

Gambar 9. Jalan Sam Ratulangi dokc 2 bawah

 Gambar 10. Taman Mesran Jayapura

 

Gambar 11. Stadion Mandala

Stadion Mandala adalah sebuah stadion multi-fungsi yang terletak di Jayapura.Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan – pertandingan sepak bola dan merupakan markas dari klub sepak bola Persipura Jayapura.

 

Catatan singkat ini pun saya tutup. Dan bersiap untuk catatan kecil lagi keesokan harinya. NEXT Exploring Papua.

Comments

comments